Jumat, 19 Februari 2010

Jawaban Ujian Sisipan ERP

Jawaban Ujian Sisipan MK ERP

Dosen : Didit Damur Rochman, ST.MT

1. Pada tabel 1 (paper Framework), diperlukan sistem ERP yang fleksibel dan adaptif terhadap perubahan, pada tingkatan proses dan kemampuan teknis manakah yang diperlukan dalam melakukan implementasi ERP pada organisasi?
Pembahasan :
Agar pada implementasi ERP terhadap perusahaan menjadi lebih efektif dan adaptif, maka perlunya pengembangan potensi bagi SDM (human resource) melalui pelatihan khusus untuk penerapan ERP, menyediakan tenaga ahlinya, perusahaan menjalin kemitraan dengan perusahaan lain, perusahaan lebih sigap dalam mengidentifikasi dan menganalisa perubahan yang terjadi secara eksternal (harga, kondisi pasar, dsb), perusahaan lebih fleksibelitas dan inovatif.
2. Pada paper disebutkan bahwa ERP dikembangkan untuk pasar bukan konsumen (organisasi / perusahaan), bagaimana dengan pilihan kustomisasi sesuai dengan kebutuhan konsumen?
Pembahasan :
Dalam implementasi ERP, metode kustomisasi yang disesuaikan untuk kebutuhan konsumen dapat digunakan untuk mendukung suatu proses bisnis. Namun tidak terlalu disarankan, karena : kustomisasi mahal, tidak efisien terhadap waktu (butuh waktu cukup lama), penerapannya sulit, dan memerlukan tenaga ahli (konsultan eksternal) yang berpengalaman.
3. Gunakan tabel 2 dan lakukan analisis jika akan melakukan implementasi ERP pada organisasi
Pembahasan :
Berdasar pada tabel 2, implementasi ERP dapat berdampak pada :
 Transaction cost,
Dari segi biaya, keuntungan dalam mengimplementasikan ERP kadang masih sulit diukur secara kuantitatif, sebab :
1. Kadang ERP meningkatkan pendapatan dan mengurangi biaya namun secara tidak kelihatan sehingga sulit untuk diukur, dan
2. Kadang perubahan dan keuntungan terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama, sehingga sulit dilacak kembali.
“Cost and benefits even when they are identified, are not easily quantifiable as has been already recognised to be generally the case with IT investment (Powell,1992)”.
 Time to complete transactions,
Dengan implementasi ERP, proses transaksi menjadi lebih cepat atau yang dikenal dengan istilah “real time processing”.
 Degree of business process integration,
Dengan implementasi ERP, proses bisnis akan lebih terintegrasi dengan baik yang berakibat pada hasil proses tepat waktu (real time processing), terintegrasi secara sistematis (terorganisir), dan transparansi data.
 Intra and inter-organizational information sharing,
Dengan implementasi ERP, penyebaran informasi antar departemen dalam organisasi lebih terkoordinasi.
 Business network,
Dengan implementasi ERP, maka jaringan bisnis akan menjadi lebih luas dan lebih mudah termonitor dengan baik.
 Reporting,
Dengan implementasi ERP, pola kontrol dan monitoring oleh unsur manajemen akan menjadi lebih akurat dan dapat memberikan keputusan serta kebijakan yang tepat bagi perusahaan.
 Customer satisfaction,
Orientasi dari implementasi ERP adalah harus mengutamakan kepuasan konsumen, karena customer satisfaction merupakan salah satu intangible benefits dari hasil implementasi ERP.
Dari implementasi ERP, akan menimbulkan beberapa estimasi cost yang diakibatkan oleh :
 User resistance, dikarenakan implementasi ERP merupakan sesuatu yang baru, maka diperlukan adanya biaya untuk melakukan sosialisasi atas penerapan ERP kepada karyawan sebagai pelaksana.
 Personil Training, perlu adanya biaya yang dikeluarkan untuk memberikan pelatihan bagi para karyawan sebagai pelaksana sehingga karyawan lebih kompeten.
 External consultant, perlu adanya konsultan ahli yang mendampingi dalam upaya melakukan proses alih sistem sehingga semua bisa berjalan sesuai dengan harapan.
 Additional applications, implementasi ERP ini akan mengakibatkan terjadinya penambahan aplikasi dalam sistem yang baru sehingga diperlukan biaya untuk proses penambahan aplikasi tersebut.
 System downtime, dengan implementasi ERP maka analisis sistem akan menjadi lebih cepat dan akurat.
4. Jelaskan secara singkat akan perbedaan dari proof of concept dan key requirements pada pemilihan dan implementasi ERP?
Pembahasan :
Perbedaan antara proof of concept dengan key requirements adalah :
 Proof of concept ini adalah penyimpangan yang terjadi pada keadaan yang sebenarnya dikarenakan adanya batasan-batasan tertentu yang ada pada saat proses implementasi ERP.
 Key requirement ini adalah standar-standar yang harus dipenuhi untuk dalam pemilihan dan implementasi ERP.
5. Jelaskan posisi opensource ERP jika dibandingkan dengan packaged ERP (SAP, Oracle, Microsoft) jika digunakan pada organisasi !
Pembahasan :
Beberapa aplikasi ERP yang bersifat open source sifatnya accessible atau mudah diterima/digunakan oleh umum atau organisasi yang skalanya menengah. Meski bersifat open source, sejumlah fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini, tidak kalah jauh dengan aplikasi sejenis yang bersifat komersial. Beberapa aplikasi yang bersifat open source diantaranya : compiere, open bravo ERP, suniant ERP, Tiny ERP, Tutos dan webERP.
Sedangkan packaged ERP seperti SAP, Oracle dan Microsoft sifatnya komersial, digunakan pada organisasi yang skalanya lebih besar, complicated dan memerlukan proses yang panjang. Dalam penerapannya, organisasi membutuhkan biaya yang cukup besar untuk membeli lisensi dan tenaga ahli yang kompeten dalam pengoperasiannya.
6. Wallmart menggunakan SAP financial, menurut CIO Rollin “We believe SAP’s experience in helping global companies with their financial systems will bring more flexibility and scalability to our growing business”. Apakah hanya dengan pengalaman dari vendor cukup untuk menjadi alasan implementasi, jelaskan dengan singkat akan hubungannya dengan internal proses Walmart dan SAP sebagai vendor !
Pembahasan :
Tidak, pengalaman dari vendor tidak cukup sebagai alasan implementasi pada suatu organisasi. Tetapi dengan didukung sistem terpadu dan internal proses Walmart yang kompeten, dapat mendukung dalam pengimplementasian SAP perusahaan.
“In a report earlier this year, Rosenblum applauded Wal-Mart's recent forays into buying packaged software. "Wal-Mart is getting creative," Rosenblum wrote. "We're not naive enough to think that implementing a particular technology is the key to success," she added, but using technologies that Wal-Mart didn't invent "and driving profits through brains along with brawn is a clear indicator that Wal-Mart is finding its own way to success in the Post-Wal-Mart world."
The market research company IDC (a sister company to CIO.com's publisher), reported recently that SAP is among the vendors with a large enough customer base to influence "the next generation of business applications."
7. Gunakan hasil dari tugas analisis proses bisnis (pada perkuliahan) dan jelaskan :
a. Workflow
b. Business Rules
c. Aliran informasi dan kebutuhan integrasi sistem informasi
Pembahasan :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © manajemen dan bisnis
Convert By NewBloggerTemplates Wordpress by WpThemesCreator