Jumat, 19 Februari 2010

Konsep Vendor SAP

KONSEP VENDOR SAP

Salah satu manfaat dari modul dukungan e-commerce ini adalah adanya modul SCM (supply chain management) yang terintegrasi dengan para pelanggan SAP lainnya melalui internet.

Modul-Modul di SAP

SAP terdiri dari modul-modul aplikasi sebagai berikut :

  • SD-Sales & Distribution: membantu meningkatkan efisiensi kegiatan operasional berkaitan dengan proses pengelolaan customer order (proses sales, shipping dan billing)
  • MM-Materials Management: membantu menjalankan proses pembelian (procurement) dan pengelolaan inventory
  • PP-Production Planning: membantu proses perencanaan dan kontrol daripada kegiatan produksi (manufacturing) suatu perusahaan.
  • QM-Quality Management: membantu men-cek kualitas proses-proses di keseluruhan rantai logistik
  • PM-Plant Maintenance: suatu solusi untuk proses administrasi dan perbaikan sistem secara teknis
  • HR-Human Resources Management: mengintegrasikan proses-proses HR mulai dari aplikasi pendaftaran, administrasi pegawai, management waktu, pembiayaan untuk perjalanan, sampai ke proses pembayaran gaji pegawai
  • FI-Financial Accounting: Mencakup standard accounting cash management (treasury), general ledger dan konsolidasi untuk tujuan financial reporting.
  • CO-Controlling: Mencakup cost accounting, mulai dari cost center accounting, cost element accounting, dan analisa profitabilitas
  • AM-Asset Management: Membantu pengelolaan atas keseluruhan fixed assets, meliputi proses asset accounting tradisional dan technical assets management, sampai ke investment controlling
  • PS-Project System: Mengintegrasikan keseluruhan proses perencanaan project, pengerjaan dan kontrol

Kelebihan SAP :

· SAP terdiri dari sejumlah modul aplikasi yang mempunyai kemampuan mendukung semua transaksi yang perlu dilakukan suatu perusahaan dan tiap aplikasi bekerja secara berkaitan satu dengan yang lainnya. Semua modul aplikasi di SAP dapat bekerja secara terintegrasi/terhubung yang satu dengan lainnya.

· SAP punya Netweaver platform, yg mensupport development dan software logistik

· SAP punya ABAP, business programming language yg mempermudah developer utk implementasi business logic

· Menerapkan balance score card. Membuat integrative process chain dari company sampai lebih 3 tingkat ke hulu supplier dan lebih 3 tingkat ke hilir distributor. Membuat laporan keuangan konsolidasi dengan multi
accounting system, multi currency dan multi-2 lainnya

· Mendukung integrasi proses bisnis perusahaan-perusahaan besar.

· Semua informasi yang tersimpan didalam SAP dapat diakses oleh bagian organisasi yang membutuhkan pada saat dibutuhkan.

Kelemahan SAP :

  • Scope integrasi,
  • Harga license tiap user SAP yang relative mahal,
  • Biaya consultan yang lumayan mahal
  • Kelengkapan data entry dan batas waktunya yang menuntut kedisiplinan usernya. Dimana dalam mengimplementasikan SAP, perusahaan harus menyediakan SDM yang sebagai user dan penanggung jawab atas Change Management Process.

Harga Software SAP :

SAP Application Server on Linux Rp35.000.000,00

Contoh Produk SAP :

· SAP ECC 6.0 (nama lamanya R/3),

· SAP CRM 5.0,

· mySAP Business Suite,

· mySAP All in one,

· SAP Business one

· dll..

KONSEP VENDOR ORACLE

Kelebihan Oracle :

· Piranti lunak ini bisa memenuhi kebutuhan perusahaan kecil hingga level enterprise.

  • Oracle adalah aplikasi database yang pertama kali mengadopsi SQL (structure query language) yang menjadi standar bahasa bagi berbagai DBMS (data base management system) modern

· Aplikasi ini juga dapat melayani perusahaan di berbagai macam industri mulai dari distribusi, telekomunikasi, manufacturing, oil & gas, pemerintahan, dan lain-lain.

· Memiliki solusi business intelligence (BI) yakni alat yang memanfaatkan informasi di dalam database dan membuat kalkulasi yang bisa menjadi dasar pengambilan keputusan-keputusan manajerial yang strategis. “Dari data-data di ERP, data tentang pasar, dan data intelijen bisnis, bisa menghasilkan kumpulan data yang membantu perusahaan mengambil keputusan.

· Menciptakan analisa kontrol di pembelian, karena setiap pengeluaran harus mengacu pada alokasi anggaran perusahaan, atau masing-masing departemen, sehingga menghindari kebobolan finansial

· Dengan aplikasi bisnis yang terintegrasi seperti Oracle ini, input data hanya dilakukan satu kali. Sedangkan proses selanjutnya mengacu pada data sebelumnya.

  • Scalability, memiliki kemampuan menangani banyak user yang melakukan koneksi secara bersamaan tanpa berkurangnya performance.
  • Reliability, memiliki kemampuan untuk melindungi data dari kerusakan jika terjadi kegagalan fungsi pada sistem seperti disk failure.
  • Serviceability, memiliki kemampuan untuk mendeteksi masalah, kecepatan dalam mengkoreksi kesalahan, dan kemampuan melakukan konfigurasi ulang struktur data.
  • Stability, memiliki kemampuan untuk crash karena beban load yang tinggi. Hal ini berkaitan dengan scability.
  • Availability, yaitu kemampuan dalam penanganan crash atau failure agar service dapat tetap yaitu kemampuan dalam penanganan crash atau failure agar service dapat tetap berjalan.
  • Multiplatform, dapat digunakan pada banyak sistem operasi seperti seperti windows, unix, linux, dan solaris.
  • Mendukung data yang sangat besar, Oracle dapat menampung data hampir 512 pet byte (1 pet byte = 1.000.000 gigabyte).
  • Sistem sekuriti yang cukup handal
  • Dapat menampung hampir semua tipe data seperti data teks, image, sound, video, dan time series
  • Dapat bekerja di lingkungan client/server (pemrosesan tersebar),Menangani manajemen space dan basis data yang besar, Mendukung akses data secara simultan, Performansi pemrosesan transaksi yang tinggi, Menjamin ketersediaan yang terkontrol, Lingkungan yang terreplikasi.

Kelemahan ORACLE:

  • ORACLE merupakan DBMS yang paling mahal dan paling rumit, jadi dalam mengiplementasikan Oracle, dibutuhkan user yang terlatih.

· Proses implementasi paket aplikasi membutuhkan konsultan yang memiliki sertifikasi dari vendor ERP.

· Oracle merupakan DBMS yang dirancang khusus untuk organisasi berukuran besar, bukan untuk ukuran kecil dan menengah.

Harga ORACLE:

Harga yang ditawarkan sangat kompetitif. Mulai dari US$ 35 ribu untuk 10 pengguna, termasuk satu perangkat server dengan memori 2 GB RAM dan kapasitas hardisk 2×36 GB. Yang juga istimewa, paket ini bisa dijalankan di sistem operasi Linux dan Solaris. Biayanya tentu bisa lebih murah dibanding menggunakan sistem operasi lain. Makin efisien lagi karena paket seharga US$ 35 ribu itu sudah termasuk dukungan perawatan selama satu tahun pertama.


Contoh produk Oracle :

  • Oracle Database 10g Express Edition,
  • Database 11g Enterprise Edition ,
  • PL/SQL,
  • DB2,
  • Produk-produk nondatabase-server seperti application server (WebDB, OAS), development tools (Oracle Developer, Oracle Designer), dan application suite (Oracle Apps), oracle9i dll.

KONSEP VENDOR MICROSOFT

Kelebihan Microsoft

· Produk microsoft cukup mudah penggunanya melebihi pengguna linux atau pun mac,

· Produk microsoft mudah untuk dibobol maka itu Calker (calon hacker) bisa belajar buat ngehack OS.

· Microsoft punya tampilan yang lebih mudah dimengerti

· Banyak aplikasi costumize khusus buat theme nya windows

Kelemahan Microsoft

·         Technology Cluster Server Microsoft SQL Server hanya mampu membuat 1 Server aktif, sedangkan yang lain hanya Pasif atau Standby saja ( sekalipun ada 100 server )
 
Contoh Produk Microsoft : 
 
·         Vista, 
·         XP, 
·         Office, 
·         Notepad, NT, XP,
·          Win 95,96,97,98, 
·         Win ME 
·         dll.
 
 
 
 
 

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © manajemen dan bisnis
Convert By NewBloggerTemplates Wordpress by WpThemesCreator